5 Fakta Bebasnya Youtuber Ferdian Paleka

0
foto: tribunnews

BANDUNG, PUTARAN.id – Youtuber Ferdian Paleka kini menghirup udara bebas setelah sebelumnya mendekam di tahanan terkait konten video yang berisi tentang prank dengan membagi-bagikan box berisi sampah kepada transgender.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Galih Indragiri. Menurut Galih, selain Ferdian turut dibebaskan juga dua rekannya yang menjadi tersangka yaitu Tubagus Fahddinar dan M. Aidil.

Bebasnya Youtuber asal Bandung dan kedua rekannya tersebut membuat perhatian banyak orang. Penasaran ada apa dibalik bebasnya mereka? Ini fakta-faktanya seperti dilansir oleh Liputan6.com, Kamis (4/6/2020).

1. Korban mencabut laporan

Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Galih Indragiri mengatakan, seorang transpuan asal Bandung yang menjadi korban sudah mencabut laporan dalam kasus video prank tersebut dan sepakat berdamai dengan tersangka.

Laporan tersebut kabarnya telah dicabut sejak pekan lalu. “Ya, tersangka sudah berdamai dan pelapor sudah mencabut pelaporan kasusnya,” kata Galih di Bandung, Kamis (4/6/2020).

2. Kedua belah pihak sudah berdamai sejak 19 Mei 2020

Sementara, Pengacara Ferdian, Rohman Hidayat mengapresiasi kepada pelapor atas pencabutan laporan tersebut serta memilih jalur damai beserta ketiga tersangka.

“Kami sampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya untuk proses perdamaian ini, sebetulnya perdamaian ini telah terjadi pada 19 Mei 2020 lalu. Tadi juga pihak korban sudah datang, bersalaman, artinya permasalahan ini sudah clear,” imbuhnya.

3. Kasusnya dihentikan

Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Galih Indragiri mengatakan, dengan dicabutnya laporan atas aduan video prank tersebut, maka perkara yang menjerat Ferdian Paleka beserta rekan-rekannya dihentikan.

“Dengan pencabutan laporan itu menjadi dasar kami untuk membebaskan para tahanan. Karena kasus ini seperti yang kita ketahui bersama menerapkan UU ITE Pasal 45 ayat 3. Di sini yang kita sangkakan adalah masuk ke dalam delik aduan, jadi itu menjadi dasar kita. Jadi dengan dicabutnya itu pasti kita hentikan kasusnya,” tutur Galih.

4. Ferdian Paleka minta maaf dan berjanji tidak akan melakukan lagi kesalahan

Usai dibebaskan, Ferdian Paleka mewakili kedua temannya meminta maaf kepada korban dan publik atas video prank yang ia buat. Ia juga berjanji untuk tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

“Saya Ferdian Paleka mewakili teman saya semuanya, kami minta maaf telah membuat konten prank bansos sampah kepada transpuan Kota Bandung. Kami sangat menyesali perbuatan kami dan tidak akan mengulangi perbuatan kami di kemudian hari,” kata dia kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung.

5. Ferdian Paleka berjanji akan membuat konten positif

Setelah dinyatakan bebas, Ferdian mengaku belum memiliki rencana untuk kembali membuat konten youtube dalam waktu dekat. Ia berencana ingin beristirahat di rumah dan menikmati waktu bersama keluarga.

“Istirahat di rumah dulu. Lihat nanti kedepannya (membuat konten youtube). Kalaupun mau membuat konten lagi, pastinya dengan konten yang lebih positif ya,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini