Sejarah Hari ini (6 Juni), Dari Kelahiran Soekarno hingga Pertempuran D-Day

0
Pendaratan tentara sekutu di Pantaai Omaha Normandia (foto: wikipwdia)

PUTARAN.id – Beberapa peristiwa penting telah terjadi di tanggal 6 Juni ini. PUTARAN.id mencoba merangkum beberapa peristiwa itu dari berbagai sumber sebagai titik balik sejarah peradaban dunia.

1901 – Lahirnya Ir. Soekarno Sang Proklamator Indonesia

Presiden pertama Indonesia Soekarno lahir pada 6 Juni 1901. Sang proklamator Indonesia itu lahir dari rahim seorang ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Ir. Soekarno menjadi Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945-1967. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. (okezone)

1944 – D-Day, Operasi Normandia sebagai operasi terbesar sekutu dalam Perang Dunia II

Operasi D-Day ini tercatat sebagai operasi terbesar dalam sejarah perang dunia. Sekitar 150.000 pasukan dikerahkan dalam pendaratan di pantai Omaha, Utah, Gold, Juno dan pantai Sword tersebut. Operasi D-Day juga sebagai titik balik atas kekalahan kerajaan Nazi Jerman yang saat itu menguasai Prancis dan sebagian besar Eropa.

Operasi pendaratan di Normandia oleh pihak militer sekutu diberi nama sandi “Operasi Overlord”. Operasi ini terutama dimotori oleh militer Amerika Serikat dan Inggris, sekalipun ada juga pasukan Kanada, Prancis, Polandia dan Selandia Baru yang terlibat dalam invasi untuk merebut Normandia.

Bagi pasukan sekutu, D-Day tentu saja bertujuan akhir untuk menaklukkan Jerman. Komando tertinggi pasukan sekutu ketika itu ada di tangan Jendral Dwight D. Eisenhower, yang kemudian pernah menjadi Presiden AS. Penyerbuan dilakukan dengan mengerahkan kekuatan laut dan udara milik AS dan Inggris. Secara keseluruhan, sekitar 4.400 tentara sekutu tewas dalam penyerbuan ke Normandia pada 6 Juni 1944. (dw.com)

1946 – NBA Didirikan

National Basketball Association (NBA) adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat. NBA juga menjadi liga basket paling bergengsi di dunia. NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America (BAA). Pada saat ini, di kompetisi NBA, terdapat 30 klub yang masing-masing berpusat di satu kota, kecuali Los Angeles yang mempunyai dua tim, yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers. (nawacita.co)

1975 – Pertama kalinya, gelar juara disandang pebulu tangkis wanita di Piala Uber
Regu putri Indonesia untuk kali pertama berhasil meraih gelar juara dalam ajang bulu tangkis bergengsi khusus wanita, Piala Uber. Dalam ajang Piala Uber yang juga kali pertama digelar di Jakarta itu, Indonesia menang atas Jepang di laga final dengan skor 5-2.

Regu Indonesia yang menjuarai Piala Uber untuk kali pertama tersebut terdiri atas Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Soemirah, Minarni Soedaryanto, dan Regina Masli. (Solopos.com)

 

 

loading...
Loading Facebook Comments ...