Bumdes Wajib Laporkan Hasil Usaha Masuk PADes

0
Pendamping Desa Bidang Pemberdayaan Kecamatan Cibogo, Asep Iwan (kedua dari kiri) saat menyampaikan materi dalam acara pembinaan Bumdes di Desa Cisaga, Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang
SUBANG, PUTARAN.id – Setiap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) diwajibkan melaporkan hasil usaha untuk masuk ke kas Pendapatan Asli Desa (PADPes).
Hal itu disampaikan Pendamping Desa (PD) Bidang pemberdayaan, Kecamatan Cibogo, Asep Iwan dalam acara pembinaan Bumdes yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Cisaga, Kecamatan Cibogo, Selasa (9/6/2020).
Jajaran aparat desa dan BPD Desa Cisaga berserta jajaran Bumdes berpose bersama usai kegiatan pembinaan yang diselenggarakan oleh Pendamping Desa Kecamatan Cibogo
“Pembinaan dalam bentuk tukar pendapat atau diskusi ini sebenarnya telah dilaksankan mulai bulan Januari 2020 setiap bulan pada hari sabtu minggu ke 3 yang dihadiri perwakilan pengurus Bumdes se Kecamatan Cibogo,” ujar Asep.
Asep menegaskan jika pengeloaan Bumdes yang ada di Desa Cisaga tersebut diperlukan adanya musyawarah untuk persamaan persepsi tentang pengelolaan Bumdes selama satu tahun ini agar tidak ada polemik ditengah-tengah masyarakat.
“Jika pengelolaannya dilakukan dengan baik serta adanya transparansi, saya yakin tidak akan menimbulkan kegaduhan atau polemik yang berkepanjangan,” tuturnya.
Turut hadir dalam acara pembinaan Bumdes tersebut, Kepala Desa Cisaga, H. Minto dan jajaran direksi Bumdes Cisaga Move On yang bergerak dalam bidang budidaya ikan air tawar serta jajaran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.
Kades Cisaga H. Minto mengatakan bahwa penyertaan modal BUMDes dilaksanakan pada tahun 2019 sebesar Rp. 70.000.000 yang diserahkan melalui transfer ke rekening Bumdes.
“Kami sudah cek ke sekretaris Bumdes, Ibu Erus Rusyeti, bahwa semua bentuk transaksi pengelolaan keuangan Bumdes telah tercatat, termasuk pengelolaan keuangan di setiap kolamnya,” jelas H. Minto.
Sementara, Wakil Ketua BPD Cisaga, Daryono mengatakan bahwa dinamika yang muncul dalam pengelolaan Bumdes itu semata-mata untuk kritik membangun agar diluruskan kembali peraturan agar pengelolaan kegiatan dan keuangan Bumdes harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.
“Mungkin ke depan, koordinasi dan nilai kebersamaan dalam membangun perekonomian Desa Cisaga yang diwadahi oleh Bumdes ini perlu terus ditingkatkan, salah satunya menelaah kembali Peraturan Desa dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga BUMdes,” pungkasnya.
loading...
Loading Facebook Comments ...