Subang Akan Jadi Kota Layak Anak

0
Tim Pansus IV DPRD Jabar bersama Bupati Subang, H. Ruhimat

SUBANG, PUTARAN.id – DPRD Jawa Barat telah mensahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak (PPA). Tak menunggu waktu lama, Panitia Khusus (Pansus) pun dibuat untuk melengkapi pembahasan menuju ke Peraturan Daerah (Perda).

Salah satu yang dilakukannya, Pansus PPA melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Subang untuk menggali dan mencari bahan masukan terkait perlindungan anak tersebut, Jum’at (19/6/2020).

Ketua Pansus PPA DPRD Jawa Barat, Sri Rahayu Agustina, didampingi anggota, Ambu Nina Nurhayati beerharap dengan kunjungan ini bisa menjadikan Subang sebagai Kota Layak Anak (KLA) di Provinsi Jawa Barat.

“Bahwa Raperda yang dibahas Pansus IV DPRD Jabar ini berharap untuk Kabupaten Subang pada tahun 2021 nanti menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori KLA Paratama,” kata Sri Rahayu.

Kategori Pratama tersebut, kata dia, tentunya harus menjadikan perlindungan anak ini menjadi kewajiban semua pihak dan pemerintah wajib melindungi karena setiap anak memiliki hak yang harus dipenuhi.

“Diantaranya, hak untuk dijamin, dilindungi, dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara. Tujuannya, untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal,” ujarnya.

Bupati Subang, H. Ruhimat menyambut baik atas kedatangan rombongan tim Pansus PPA tersebut. Dirinya berharap dengan sinergisnya hubungan dengan DPRD Jabar bisa menjadikan Kabupaten Subang sebagai kota yang maju termasuk dalam bidang perlindungan anak.

“Insya Allah, soal perlindungan anak di Kabupaten Subang akan menjadi motivasi kami sehingga kami benar-benar akan meningatkan perlindungan terhadap anak, termasuk hak dan paying hukumnya akan menjadi perhatian kami,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini