Kehamilan di Masa Pandemi Meningkat, BKKBN Jabar Fokuskan Layanan Kesehatan

0
Kepala Perwakilan BKKBN Jabar, Kusmana saat berbincang dengan aparat Desa Sumbersari, Pagaden

SUBANG, PUTARAN.id –  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat melaporkan jika kehamilan di masa pademi Covid-19 meningkat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jabar, Kusmana. Menurutnya, hal tersebut tentu menjadi hal yang menghawatirkan terutama bagi pasangan yang berada di perkotaan serta banyaknya pasangan usia subur  yang di PHK.

“Sehingga secara otomatis kegiatan hampir berhenti, pemberlakuan lockdown, stayhome (diam dirumah) ditambah lagi kemungkinan hubungan suami istri peluangnya lebih tinggi,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Kusmana saat melakukan kunjungan ke Kampung KB di Dusun Sumurama, Desa Sumbersari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Kamis (25/6/2020).

Dikatakan, dalam menghadapi masalah tersebut pihaknya tetap fokuskan untuk mempersiapkan dan memaksimalkan peran tim kesehatan dan tim medis dalam penanganan Covid-19. Kendati demikian, kata Kusmana, data laporan hari ini sejak bulan Mei 2020, input yang masuk ke BKKBN sudah mulai turun.

“Kami sudah laporkan ke Pak Gubernur sebetulnya trendnya sudah turun, artinya sudah tidak terlalu menghawatirka walaupun nanti kita coba lihat buku, justru  yang saya khawatirkan  pada Bulan November dan Desember, karena kejadian pada bulan Maret dimana hubungan suami istri frekwensinya lebih tinggi bisa jadi kehamilanya 4 bulan kedepan,” jelas Kusmana.

Dengan adanya Kampung KB tersebut, pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk mewujudkan rasa kebersamaan  dan bukti nyata gotong royong sebagai ciri khas masyarakat Kabupaten Subang dan umumnya masyarakat Jawa Barat.

“Dengan ciri khas masyarakat Subang bergotong royong, yang bahu membahu saling bergandengan tangan, merupakan sesuatu yang dahsyat sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) dan ini sudah membuktikan ke gotong royongan, sehingga terbukti kampung luar biasa kampung teladan bagi kampung kampung yang lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kunjungngan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat ke kampung KB tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Nunung Suryani, Camat Pagaden, Moch Solih, Kepala Desa Sumbersari,  Sukana serta para kader se Desa Sumbersari.

loading...
Loading Facebook Comments ...