Jadi Petugas Ronda Malam, Kadinsos Subang: Ini Kewajiban Warga Negara

Kepala Dinas Sosial Kab. Subang, H. Deden Hendriana (Kaos hitam berpeci) saat mengikuti tugas ronda malam di kampungnya.

SUBANG, PUTARAN.id – Dinginnya malam tak mempengaruhi gerak langkah seorang pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Subang menuju ke Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) di Kampung Sakola, Desa Cidadap Kecamatan Pagaden Barat untuk menjadi petugas ronda malam.

Ya, H. Deden Hendriana yang saat ini menjadi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang tampak semangat mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh RT setempat sebagai petugas ronda pada Jum’at (26/6/2020) dini hari.

Pejabat Pemkab Subang yang tak pernah lepas menggunakan peci itu menyalami satu persatu warga yang sudah hadir terlebih dahulu di Poskamling. Tak ketinggalan ia juga menanyakan kabar kepada warga.

“Alhamdulilah pada malam ini giliran saya tugas ronda malam. Disini saya bukan kapasitas sebagai Kepala Dinas Sosial, akan tetapi sebagai masyarakat biasa, masyarakat kampung Sakola Desa Cidadap,” ujar H. Deden di sela sela tugas ronda malam.

Dikatakan, mengikuti ronda malam tersebut memang sudah menjadi kewajiban sebagai warga negara yang harus dita’ati oleh segenap elemen masyarakat.

“Tentunya, sebagai warga Negara harus patuh terhadap aturan. Karena menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik,” tutur H. Deden dengan senyuman khasnya.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Pembina Angkatan Darat  yang tanpa mengenal lelah baik siang maupun malam terus menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan bersama masyarakat Desa Cidadap.

Sementara, Ketua RT 04 RW 01 Kampung Sakola Desa Cidadap, Wahna mengatakan, kegiatan ronda malam tersebut sudah menjadi kewajiban masyarakat di kampungnya dan sudah dilakukan turun temurun sejak zaman dahulu.

“Termasuk hari ini karena masih suasana pandemic Covid 19, kita terus memantau masyarakat baik yang datang maupun yang pergi. Apalagi kalau yang datangnya dari daerah zona merah kita sarankan untuk isolasi mandiri dulu selama 14 hari untuk menjaga penularan Virus Corona,” tutur Wahna.

Dirinya juga mengapresiasi kepada H. Deden Hendriana, seorang pejabat dilingkungan Pemkab Subang yang selalu meluangkan waktunya untuk mengikuti kewajiban sebagai petugas ronda malam.

“Kebetulan malam ini giliran pak Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang, H. Deden Hendriana. Beliau selalu aktif dalam melaksanakan ronda malam dan ini patut dicontoh oleh pejabat-pejabat yang lainnya dilingkungan Pemkab Subang,” pungkas Wahna.