Pungangan Jadi Kampung Pesantren Percontohan di Subang

0
Anggota DPR RI, KH. Maman Imanulhaq saat reses di Kampung Pungangan Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi

SUBANG, PUTARAN.id – Kampung Pungangan Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang bakal memiliki predikat sebagai Kampung Pesantren percontohan di Kabupaten Subang.

Hal itu disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi Kebangkitan Bangsa KH Maman Imanul Haq saat menggelar reses di Pondok Pesantren Minhajut Thalibin, Kampung Pungangan, Sabtu (27/6/2020). Bahkan ia berjanji akan mendorong Desa Rancabango menjadi desa mandiri dan desa percontohan.

“Karena memang potensi yang dimiliki Desa Rancabango, khususnya Kampung Pungangan sangat bagus. Karena sangat jarang ada satu kampung di dalamnya terdapat beberapa pesantren,” ujar Kyai Maman.

Dia menyebut, pondok pesantren yang ada di kampung tersebut harusnya bisa terintegrasi, tapi tetap berada pada rel bersaing dalam kebaikan. “Pokoknya kami akan bantu, khususnya dalam bidang medsos,” imbuhnya.

Dia juga berjanji untuk menuju kea rah pembentukan desa mandiri, dirinya akan membuat Faorum Group Discussion (FGD) di Jakarta. “”Insya Allah kita akan buat FGD di Jakarta untuk menyusul program yang bisa direalisasikan di Rancabango, khususnya Dusun Pungangan,” ujar KH Maman, dalam sesi tanya jawab.

Sementara, salah seorang tokoh pemuda asal Desa Rancabango, Fauzi Ridwan menyambut baik apa yang menjadi janji politisi PKB dapil Subang, Majalengka Sumedang tersebut. “Semoga tidak omdo (omong doang, red),” kata Fauzi.

Untuk mengejar janji itu, kata Fauzi, dirinya siap menyusul ke Jakarta, termasuk membentuk FGD yang diusulkan oleh KH Maman Imanul Haq. “Kami akan bentuk tim untuk menjemput janji Pak Kyai,” kata Fauzi.

Dia juga menyampaikan, di Kabupaten Subang, hanya di Dusun Pungangan dimana satu dusun memiliki tujuh pesantren. Kalau peluang itu dioptimalkan maka akan menjadi model pesantren percontohan.

“Selain itu, kemandirian desa sebenarnya sudah terlihat di Rancabango, karena berbagai potensi yang dimiliki, baik dari perdagangan, pertanian, perikanan, UMKM dan lain sebagainya. Jadi tinggal disinkronkan saja dengan program pemerintah,” ujar pemuda yang juga Direktur BUMDes Berkah Abadi Desa Rancabango.

Seperti diketahui, Kampung Pungangan memiliki beberapa pondok pesantren yang sudah tercatat di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Subang, diantaranya Ponpes Minhajut Thalibin, Ponpes Alkarimiyah, Ponpes Al-Huda, Ponpes An-Nur, Ponpes Arroahmaniyah Assalafiyah, Ponpes Darul Fikri, dan Ponpes Nurul Huda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini