Crisis Room, Media Penyelesaian Permasalahan Masyarakat di Pusakanagara Subang

0
Crisis Room, sebuah media penyelesaian masalah masyarakat yang diinisiasi oleh Muspika Pusakanagara

SUBANG, PUTARAN.id – Crisis Room, sebuah media penyelesaian masyarakat yang berkantor di Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang.

Lembaga ini dibentuk pada 27 Juli 2020 dan diinisiasi oleh jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pusakanagara. Diantaranya, Pemerintah Kecamatan, Kepolisian Sektor (Polsek), Komando Rayon Militer (Koramil) 0511, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A), dan Kordinator Badan Penanggulangaj Bencana Daerah (BPBD) Pusakanagara.

“Tujuan dari pembentukan Crisis Room ini untuk meminimalisir permasalahan dan persoalan yang timbul dari masyarakat agar tidak melebar dan berlarut,” ujar Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Satpol PP Pusakanagara, Abang Rambe kepada PUTARAN.id, Kamis (30/7/2020).

Dikatakan, lembaga Crisis Room ini, sangat berperan dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang bersumber dari konflik warga. “Crisis Room ini salah satu wadah untuk mecari solusi dalam penyelesaian permasalahan warga, tempat mediasi kedua belah pihak yang bersengketa,” jelasnya.

Selain itu, kata Abang Rambe, keberadaan lembaga tersebut untuk menganalisis masalah baik mencari kebenaran di lapangan atau mencari jalan keluar yang terbaik juga berusaha merubah pola pikir warga yang terlibat konflik.

“Intinya lebih kepada edukasi kepada masyarakat agar bisa menyelsaikan masalah dengan tidak menimbulkan masalah baru,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepan dengan adanya lembaga tersebut bisa menyelesaikan setiap permasalahan warga dan diantara kedua belah pihak sama-sama merasa puas dan menerima apapun hasilnya.

“Kita disini lebih mengedepankan hukum sosial, dibanding hukum materil, karena setiap permasalahan akan kita selesaikan disini secara kekeluargaan dan tidak menjadi konflik berkepanjangan,” pungkasnya. (sep)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini