Puluhan Linmas di Pusakanagara Dilatih Pengendalian Keamanan

0

SUBANG,PUTARAN,id – Sebanyak 70 Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) se- Kecamatan Pusakanagara mengikuti Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Pusakanagara, Selasa (11/8/2020).

Hadir dalam pelatihan tersebut, Camat Pusakanagara yang diwakili Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Kecamatan Pusakanagara, Kapolsek Pusakanagara yang diwakili oleh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabin Kamtibmas) Desa Kotasari, Unit Pengelola Teknis (UPT) Puskesmas Pusakanagara yang diwakili oleh tim Surveilans yang bertugas sebagai pengumpulan dan analisis data serta penanggung jawab lapangan Covid-19 di Kecamatan Pusakanagara.

Menurut Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Pusakanagara, Abang Rambe bahwa tujuan dari pelatihan tersebut untuk penyegaran (refresh) Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) bagi anggota Linmas di Kecamatan Pusakanagara.

“Karena peran dan eksistensi Satuan Linmas dituntut agar selalu siaga dan berperan aktif dalam upaya pembantuan dalam menanggulangi potensi ancaman, disamping juga membantu menghadapi gangguan trantibum dan kamtibmas,” kata Abang Rambe kepada PUTARAN.id disela-sela pelatihan.

Selain itu, kata Abang Rambe, dalam melakukan tugas, Satuan Linmas harus mengacu kepada prinsip kewaspadaan dan guna mengurangi dan memperkecil akibat yang timbul agar masalah keamanan, kerawanan tidak mengganggu stabilitas pemerintah di daerah.

“Untuk itu kami berharap agar potensi di masyarakat dan Satuan Linmas memiliki kepedulian dan responsifitas yang tinggi terhadap potensi kerawanan keamanan yang ada di dalam masyarakat, khususnya di Kecamatan Pusakanagara dan umumnya di Kabupaten Subang,” jelasnya.

Sementara, Bhabin Kamtibmas Polri Desa Kotasari, Brigadir S Agus Salim mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat penting sekali dilaksanakan agar anggota Linmas bisa mengetahui dan mengerti akan tugas pokok dan fungsi Linmas itu sendiri sebagaimana tertuang dalam Peraturan Negara Nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan satuan perlindungan masyarakat dan UU no 07 tahun 2017, tentang Pemilihan Umum.

“Selain itu, fungsi Linmas adalah untuk membantu dalam penanggulangan bencana, membantu dalam keamanan dan ketertiban di masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu dalam ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pertahanan negara,” pungkasnya. (sep)

Loading Facebook Comments ...