Diguyur Hujan Semalam, 6 Desa di Subang Selatan Terendam Banjir

0
Kondisi perumahan warga di Kecamatan Cisalak mulai terendam banjir setelah diguyur hujan lebat

SUBANG,PUTARAN.id – Sedikitnya 6 Desa di wilayah Subang selatan terendam banjir akibat meluapnya sungai di Kecamatan Tanjungsiang dan Cisalak, Rabu (2/12/2020) malam.

Luapan sungai tersebut ditengarai oleh curah hujan yang tinggi, terjadi sejak sore hari hingga malam hari. Akibatnya, empat desa di Kecamatan Cisalak, yakni Desa Mayang, Desa Sukakerti, Desa Gardusayang, dan Desa Pakuhaji. Sementara di Kecamatan Tamjungsiang terjadi di Desa Buniara dan Desa Cikawung.

BACA JUGA: Selain Banjir, Jalan Raya Cisalak Tertimbun Longsor dan Pohon Tumbang

Menurut warga Dusun/Desa Cikawung, Dedi Supriadi, luapan sungai dari arah Cileat tersebut meluap sekitar pukul 19.15 WIB. “Kami tak menyangka jika luapannya sampai ke permukiman. Ternyata semakin malam semakin membesar airnya,” ujar Dedi kepada PUTARAN.id.

Dikatakan, semakin malam hujan semakin tinggi. Akibatnya volume luapan air semakin membesar. “Terpaksa ratusan kepala keluarga lainnya juga turut mengungsi ke tempat yang lebih aman. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

BACA JUGAMangkrak, Warga Desak Pembangunan Jembatan Penghubung Pusakanagara – Legonkulon Diselesaikan

Sementara, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Subang, Jajang mengatakan, pihaknya bersama tim Tagana lainnya langsung menuju ke lokasi kejadian.

“Pertama, kita lakukan assesment yang kemudian kita akan membantu masyarakat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Termasuk kita akan bantu evakuasi untuk keselamatan warga terdampak luapan sungai tersebut,” kata Jajang.

Hingga berita ini dimuat, kondisi hujan semakin membesar dan luapan sungai semakin besar memasuki area pemukiman warga di Kecamatan Tanjungsiang dan Cisalak.

 

Pewarta: Ade Mahmudin

loading...
Loading Facebook Comments ...