Dianggap Mengganggu, Kandang Ayam Di Pagaden Barat Disoal

0
Lokasi bangunan kandang ayam

Subang, PUTARAN.id,-Maraknya bangunan kandang ayam di Kecamatan Pagaden Barat mendapat sorotan tajam dari Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak). Pasalnya dampak keberadaan kandang ayam tersebut sudah mengganggu lingkungan, terutama polusi udara yang ditimbulkan dari bau kotoran ayam sudah sampai   ke perumahan penduduk sekitar yang tak jauh dari lokasi kandang ayam.

“Kami warga masyarakat kampung sukamahi, Desa Cidadap, Kecamatan Pagaden Barat, yang keberadaannya tak jauh dari lokasi  kandang ayam sudah merasa tergangu akibat bau busuk yang ditimbulkan dari limbah kotoran ayam. Sedangkan pihak pemilik perusahaan kandang ayam sepertinya tidak peduli terhadap apa yang di timbulkan dari usaha mereka terhadap kesehatan warga,” kata Ketua LSM Gerak, Amat Suhenda kepada PUTARAN.id, Jum’at (4/12/2020).

BACA JUGA: LSM Gerak Soroti Penempatan Satpam Bodong di Megaproyek Pelabuhan Patimban 

Kades Gambarsari Diduga Keluarkan Surat Andon Nikah Palsu

Polda Jabar Soroti Satpam Bodong Di Kabupaten Subang

Amat juga menjelaskan bahwa setiap harinya puluhan mobil pengangkut pakan dan ayam  melewati jalan perkampungannya yang mebuat ruas jalan Cidadap-Bendungan menuju kantor Kecamatan Pagaden Barat rusak parah.

“Kami warga masyarakat Desa Cidadap dengan keberadaan kandang ayam tersebut, tidak ada dampak positif bagi warga masyarakat desa Cidadap. Justru adanya kandang ayam tersebut merugikan masyarakat, bau busuk yang di timbulkan dari limbah ayam banyak masarakat kampung sukamahi bisa mudah terkena penyakit pernapasan,” tandas Amat.

BACA JUGASikapi Tindakan Represif Oknum Polisi, Poros Mahasiswa Pemuda Geruduk Polda Jabar

Berniat Cuci Sepeda di Sungai, Santri di Pagaden Barat Tewas Terseret Arus

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemdes Bendungan Pagaden Barat Gelar Pameran Bonsai

Amat mengharapkan kepada pihak pengusaha kandang ayam untuk memperhatikan dampak lingkungan yang di timbulkan, terutama warga disekitar keberadaan kandang ayam. Amat menegaskan pihaknya akan segera melayangkan surat keberatan kepada Dinas Lingkungan Hidup, DPRD dan Bupati Kabupaten Subang.

“Untuk mengkaji keberadaan kandang ayam tersebebut mengantongi izin amdal atau tidak. Dan apabila para pengusaha kandang ayam tidak mengantongi izin amdal, kami atas LSM Gerak dan masyarakat Desa Cidadap meminta kepada pihak pemerintah untuk menutup perusahaan kandang ayam tersebut, sebelum kami masyarakat Desa Cidadap melakukan penutupan secara paksa, tegas Amat.

Pewarta: Asep Hidayat
Editor: Ryan Sevian

loading...
Loading Facebook Comments ...