Wow, Singapura Siapkan Ribuan Dolar Bagi Pasangan Suami Istri Untuk Segera Miliki Anak

0
Pasangan wisatawan di depan Patung Merlion, Singapur (sumber: https://www.freemalaysiatoday.com)

PUTARAN.id – Tepat setelah pandemi Covid-19 melanda dunia, Pemerintah Singapura telah menyiapkan sedikitnya 3000 dolar sebagai jaminan awal bagi pasangan untuk segera memiliki anak. Pemerintah Singapura juga sebelumnya sudah menawarkan bonus di atas 10.000 dolar bagi para orang tua baru agar segera miliki anak. Memang nominal angka yang tidak sedikit.

BACA JUGA:

Tawaran ini disampaikan oleh Pemerintah Singapura Langsung setelah sebuah survey menunjukkan bahwa 3 dari 10 pasangan di Singapura akan menunda melanjutkan keturunan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Menurut pemaparan dari salah satu wartawan Vice News World, Pemerintah Singapura menganggarkan cukup banyak dana untuk memecahkan permasalahan ini. Mereka memikirkan kemungkinan yang akan terjadi pada 2050, dimana populasi di negara ini akan sampai di usia lanjut dan akan membutuhkan generasi yang bisa menggantikan mereka.

“Singapura merupakan satu-satunya negara dengan rasio kelahiran yang paling rendah di Asia. Memang sedikit lebih baik dibanding Korea Selatan, namun tetap lebih rendah dibanding Jepang yang kita ketahui kurang tertarik terhadap Sex,” Papar wartawan tersebut dalam video berdurasi 6 menit 46 detik, Kamis (24/12/2020).

BACA JUGA:

Disamping itu, rendahnya angka kelahiran di negara ini menjadi fokus tersendiri sampai pemerintah mencari jalan keluar dengan menyediakan sejumlah anggaran yang tidak sedikit.

Wartawan tersebut juga menyebutkan bahwa ntuk memahami ini lebih jauh, terdapat istilah yang disebut Replacement Level Fertility, dimana kelahiran seorang bayi dapat menggantikan seseorang yang telah meninggal dunia. Menurut istilah ini, angka kelahiran yang baik adalah 2,1.  Sayangnya angka kelahiran di Singapura hanya setengah dari angka tersebut, yaitu 1,1, sedangkan Jepang sendiri sedikit lebih tinggi yaitu di angka 1,4.

“Jadi apa yang menjadi perhatian? Ternyata angka hanya menceritakan sebagian kecil dari cerita yang lebih besar. Karena ini bukan hanya tentang berapa banyak orang yang tinggal di suatu negara, tetapi juga tentang siapa mereka,” pungkasnya.

(may/ryn)

loading...
Loading Facebook Comments ...