Akibat Curah Hujan Tinggi, Satu Dusun di Subang Terdampak Banjir Bandang

Keadaan sungai Cibarasole saat meluap

SUBANG, PUTARAN.id – Akibat curah hujan tinggi, Dusun Gembor 3, Desa Gembor, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, pada Minggu (3/1/2021), terdampak banjir bandang akibat meluapnya saluran sungai Cibarasole.

BACA JUGA:

Neneng, warga sekitar menyebutkan bahwa banjir bandang tersebut berhasil merendam 15 Hektar empang siap panen, 5 hektar sawah, dan merendam 20 rumah warga.

“Kalau tidak terendam banjir, seminggu lagi ikan itu akan kami jual, dan sudah ada bandar yang mau belinya. Tapi sekarang karena banjir kami gak jadi menjual. Jangankan menjual, modal benih dan pakan saja sebesar 40 juta gak keganti,” kata Neneng salah satu korban pemilik empang.

BACA JUGA:

Bedih, salah satu warga menyebutkan bahwa menurut sumber di lapangan, selain karena meluapnya saluran sungai Cibarasole, banjir tersebut diakibatkan juga karena jebolnya sipon dan gorong-gorong proyek yang berada di sekitar warga.

“Selain akibat penyempitan sungai, juga dikarenakan proyek yang tidak bisa menampung air yang cukup banyak, dan menyebabkan sipon dan gorong-gorong proyek tersebut jebol yang berdampak langsung ke empang-empang warga,” jelas Bedih.

(asp/ryn)