Forum Ponpest Sumedang Gelar Workshop Pengembangan Literasi Kitab Kuning

0
Prosesi workshop untuk pengembangan literasi Kitab Kuning di lingkungan Pondok Pesantren Kabupaten Sumedang tahun 2021

SUMEDANG, PUTARAN.id – Forum Pondok Pesantren (FPP) bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Sumedang, menggelar kegiatan workshop untuk pengembangan literasi Kitab Kuning di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpest) Kabupaten Sumedang tahun 2021, pada Senin (04/1/2021) di Komplek Islamic Center Sumedang.

BACA JUGA:

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, ketika membuka acara tersebut menyebutkan bahwa kegiatan workshop yang bertema ‘Peningkatan Daya Saing Pondok Pesantren Sebagai Salah Satu Garda Terdepan Pendidikan di Indonesia’ ini merupakan salah satu bentuk dukungan pada gerakan literasi terhadap Kitab Kuning.

“Acara ini juga sekaligus untuk melakukan evaluasi atas hasil yang dicapai oleh santri-santri Kabupaten Sumedang dalam ajang musabaqah qiroatil kutub tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2019 yang dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya,” sebut Herman.

Herman juga menyebutkan bahwa Kitab Kuning merupakan sebutan bagi kitab atau referensi utama yang dikaji oleh para santri di pesantren.

“Oleh karenya, salah satu pra-syarat untuk bisa dikatakan pesantren oleh ahli sejarah adalah Kitab Kuning. Dengan kata lain, dalam teori pesantren, selain ada kiyai, masjid, asrama dan santri, satu hal lagi yang tidak bisa dilepaskan dari pesantren adalah Kitab Kuning,” jelas Herman.

BACA JUGA:

Herman berharap melalui kegiatan ini, Ponpest di Sumedang kedepannya dapat mengembangkan dan memajukan gerakan literasi Kitab Kuning.

“Masing-masing, diharapkan pula dapat menghasilkan karya literasi, baik oleh ustadz maupun santri. Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan daya saing Pondok Pesantren di Kabupaten Sumedang sekaligus mendukung visi Sumedang Simpati,” pungkas Herman.

(ndi/ryn)

loading...
Loading Facebook Comments ...