Ingin Pertahankan Daerah Tersehat, Pemda Subang kembali Resmikan PAMSIMAS

0
Ilustrasi gambar

SUBANG, PUTARAN.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Subang, dalam hal ini diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) dua, Nunung, meresmikan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS)-APBD tahap III, tahun anggaran 2020.

Peresmian PAMSIMAS ini dilakukan di Desa Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum, dan juga akan dilakukan di sembilan desa selanjutnya di Kabupaten Subang.

BACA JUGA:

Nunung menyebutkan bahwa sumber air bersih erat kaitannya dengan program stanting, yang sekarang sedang digalakan oleh Pemda Subang dalam rangka pengentasan bebas dari ODF atau perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kabupaten Subang.

Prosesi peresmian PAMSIMAS di Kabupaten Subang

Lanjut Nunung, bahwa belum lama ini Subang baru saja meraih penghargaan Swastisaba Wistara (5-7 tatanan) tingkat nasional di daerah provinsi Jawa Barat tahun 2020. Penghargaan tertinggi dalam penilaian kabupaten atau kota sehat seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan kedepannya Subang kembali menjadi kabupaten sehat, hal ini erat kaitannya dengan air bersih,” kata Nunung kepada PUTARAN.id, setelah peresmian, Kamis (14/1/2021).

Nunung menjelaskan bahwa untuk keperluan akses air minum bersih di Subang sudah sampai 88% dan sudah tercukupi. Ini merupakan diatas rata-rata angka di Nasional, dan itu merupakan hasil dari peran serta partisipasi masyarakat Subang dalam pengelolaan air bersih.

“Atas nama Bupati Subang, saya ucapkan terima kasih sekali kepada masyarakat atas dukungan untuk Subang sehat sekarang dan kedepannya,” pungkas Nunung.

BACA JUGA:

Mewakili 10 Kepala Desa yang mendapatkan program PAMSIMAS, Jaenal Mutakim Kepala Desa (Kades) Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum, mengucapkan terima kasih kepada Pemda Subang yang telah memberikan program PAMSIMAS yang akan bermanfaat untuk masyarakat setempat.

“Terimakasih atas kepercayaan terhadap kami dalam pengelolaan PAMSIMAS ini, insyallah dengan program ini bisa membantu masyarakat, terutama dalam keperluan air bersih,” kata Jaenal kepada PUTARAN.id.

“Alhamdulilah, antusias masyarakat juga sangat baik sekali. Karena kualitas air yang dihasilkan dari PAMSIMAS ini sangat jernih dan baik,” lanjut Jaenal.

Jaenal juga menyebutkan bahwa sebelumnya masyarakat masih tidak percaya dengan kualitas air dari PAMSIMAS, akan tetapi setelah membuktikan sendiri dan melihat hasilnya, masyarakat baru percaya bahwa air yang dihasilkan bagus.

“Dibandingkan kualitas air yang ada di sumur-sumur masyarakat, kualitasnya jauh lebih bagus,” tutup Jaenal.

(asp/ryn)

loading...
Loading Facebook Comments ...