KMPPA Jabar Gelar Seminar Perlindungan Anak di Indramayu

0
Susana seminar KMPPA Jabar soal Perlindungan Anak

INDRAMAYU, PUTARAN.id – Kelompok Masyarakat Peduli Perlindungan Anak (KMPPA) Jawa Barat menggelar seminar dan lokakarya (Semiloka) tentang perlindungan anak di Auditorium Islamic Centre Indramayu, Jum’at (15/1/2021).

Ketua KMPPA Jawa Barat, Andri Mochamad Saftari mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tolak ukur untuk kemajuan generasi bangsa khususnya di daerah Kabupaten Indramayu.

“Tentu saja program ini untuk membantu pemerintah dalam rangka penyelenggaraan perlindungan anak,” ujar Andri kepada PUTARAN.id.

Kendati demikian, kata Andri, perlindungan terhadap anak juga sangat diperlukan peran serta masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah.

BACA JUGA:
Subang Akan Jadi Kota Layak Anak

KOPRI PMII Cianjur Dorong Pengesahan RUU PKS

Membuka Tabir Adagium Kelompok Marjinal

“Karena, Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam rangka memberikan perlindungan kepada anak. Harus ada peran serta masyarakat di dalamnya,” imbuhnya.

Ia berharap, kegiatan semiloka ini sebagai peran serta masyarakat dalam rangka penyelenggaraan perlindungan Anak bisa terwujud. “Tentu ini sebagai bentuk sinergitas peran masyarakat dengan Pemerintah Daerah dalam rangka perlindungan anak menuju Kabupaten Indramayu ramah anak,” kata Andri.

Disisi lain, salah seorang peserta Semiloka, Ade Irfan Al Anshory menuturkan dimungkinkan perlu juga hadir lembaga independen yang dibentuk hadir untuk melakukan pengawasan, memberi masukan dan usulan, menerima dan melakukan penelaahan atas pengaduan masyarakat.

“Ini perlu dilakukan agar lembaga tersebut akan melakukan mediasi atas sengketa dan memberikan laporan kepada pihak berwajib tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap Undang-undang Perlindungan Anak,” ucap Ade.

Hadir dalam Semiloka dari unsur Eksekutif, Legislatif, Tokoh Masyarakat, dan Polres Indramayu dan dihadiri dari berbagai unsur kelompok yang peduli Anak diantarannya Unsur Organisasi Keagamaan, Tokoh Masyarakat, Dunia Usaha, LSM, Kelompok Masyarakat Peduli Perlindungan Anak, Akademisi, Pemerintah, Organisasi Sosial, dan Organisasi Profesi. (ryn)

loading...
Loading Facebook Comments ...