Ini Gerakan Para Relawan dan BPBD Sukabumi Untuk Antisipasi Longsor

0
Prosesi penyisiran yang dilakukan oleh para relawan dan BPBD Sukabumi

SUKABUMI, PUTARAN.id – Sejumlah relawan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi melakukan penyisiran ke tempat retakan tanah akibat pergeseran yang terjadi di Dusun Suradita, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Sukabumi, Minggu (17/1/2021).

BACA JUGA:

Opiek salah satu anggota BPBD Sukabumi yang bergerak dalam penyisiran itu menyebutkan bahwa hal itu untuk mengantisipasi terjadinya longsor, karena kawasan Dusun Suradita statusnya siaga darurat bencana.

“Tanah yang retak akibat pergeseran, telah kami tutupi lagi dengan tanah,” kata Opiek kepada PUTARAN.id setelah penyisiran, Minggu (17/1/2021).

Lanjut Opiek, hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah ada retakan baru atau tidak yang terjadi. Serta untuk mencegah masuknya air ke lubang retakan tanah ketika turun hujan.

“Kita menyisir dan menginventarisir jika ada retakan baru yang terjadi,” tandas Opiek.

Sementara sejumlah relawan di Sukabumi yang tergabung dalam gerakan ini ialah dari Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Relawan DOA, Pramuka, Palang Merah Indonesia (PMI) , Indonesia Escorting Ambulance (IEA), Volunter Tanggap Bencana (VTB) Nusa Putera, Relawan Sehati, Relawan Ruang peduli.

BACA JUGA:

Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 07:00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Setelah itu pada sore harinya BPBD serta para relawan langsung mengevakuasi warga yang masih ada di lokasi.

Diketahui, bahwa untuk mengantisipasi longsor, warga Dusun Suradita, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Sukabumi, dievakuasi ke tempat yang lebih aman oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Ciengang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi.

(jml/ryn)

loading...
Loading Facebook Comments ...