Tak Layak Huni, Satu Kampung di Sukabumi Siap di Relokasi

0
Ilustrasi gambar

SUKABUMI, PUTARAN.id – Dusun Suradita, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi , disebut-sebut sebagai dusun yang sudah tidak layak huni.

Hal itu dikemukakan langsung oleh Nanang M Sudrajat Kepala Seksi Mitigasi Bencana di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi, Senin (18/1/2021).

BACA JUGA:

Nanang menyebutkan hasil kajian Badan Geologi pada tahun 2019, yang menyebutkan bahwa Dusun Suradita merupakan kawasan yang tidak layak huni.

“Kawasan tersebut (Dusun Suradita) mempunyai kontur tanah yang labil, ditambah lagi beban tanah yang kurang seimbang, sehingga ketika musim penghujan tiba, sangat mungkin terjadi retakan dan pergeseran, bahkan longsor,” kata Nanang.

Selain Itu menurut Nanang, Dusun Suradita berada dalam lempengan sesar Cimandiri yang membentang dari Pelabuhan Ratu hingga Raja Mandala. Hal ini yang mengakibatkan pergeseran waktu-waktu dapat terjadi pergeseran tanah dan longsor.

Nanang juga menyebutkan bahwa relokasi menjadi solusi, karena longsor dapat terjadi sewaktu-waktu, sehingga paling aman adalah perpindahan masyarakat.

“Itu sebanya masyarakat harus direlokasi,” tandas Nanang.

BACA JUGA:

Sementara itu Kepala Desa Ciengang, Yudisius H Bagja menyebutkan bahwa terkait dengan diharuskannya masyarakat Dusun Suradita direlokasi, pihaknya sudah menyiapkan dua lokasi yang nantinya akan diperuntukan untuk masyarakat Dusun Suradita.

Kedua lokasi tersebut yaitu lahan Perum Perhutani dan lahan PT PN VIII.

“Namun harus melalui riset dan kajian terlebih dahulu, apakah lahan tersebut sesuai dan aman untuk dijadikan pemukiman,” kata Yudisius.

Selain itu, Yudisius juga menyebutkan bahwa pihaknya membutuhkan dukungan dari pemerintah, baik Pemerintah Daerah (Pemda) maupun Pemerintah Pusat, serta lembaga terkait untuk masalah legal standing lahan tersebut.

“Dusun Suradita sudah siap direlokasi, tinggal kepastian hukum seluruh lahannya,” pungkas Yudisius.

(jml/ryn)

loading...
Loading Facebook Comments ...