Abu Janda vs KNPI, Begini Kronologinya

0
Abu Janda (kiri), Haris Pertama (kanan)

PUTARAN.id – Pegiat sosial media Permadi Arya alias Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pimpinan Haris Pertama terkait dugaan rasisme yang dilontarkan kepada mantan Komisioner Komnas HAM masa jabatan 2012-2017, Natalius Pigai.

Pelaporan tersebut bernomor:
LP/B/0052/I/2021/Bareskrim pada Kamis (28/1) lalu. Sementara untuk pelaporannya Abu Janda didgua telah melanggar Pasal 45 ayat (3) Juncto Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 A ayat (2) Juncto Pasal 25 ayat (2) dan/atau Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kebencian atau Permusuhan Individu dan/atau Antargolongan (SARA), Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP.

BACA JUGA: Tokoh Umat Kristen Ini Menolak Ucapan Selamat Natal Dari Menag

Haris Pertama Ketua Umum DPP KNPI menyebutkan bahwa KNPI merasa risih dengan cuitan-cuitan Abu Janda yang dianggapnya selalu mengarah kepada arah rasis dan kata-kata yang bisa memecah belah persatuan.

“Masalah evolusi yang dia (Abu Janda) tujukan kepada Natalius Pigai. Evolusi, itu kan, lebih identik ke masalah genetika. Nah, kalau masalah ke genetika berarti kan masalah fisik, masalah ras. Saat itu ditujukan kepada seseorang, berarti ini ada apa nih. Dia mau mengatakan apa ke Natalius Pigai? Evolusi apa?,” kata Haris Pertama saat wawancara bersama Kompas TV,  Sabtu (30/1/2021) kemarin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini