Mengenal STIA Bandung, Perguruan Tinggi Berbasis Riset dan Miliki Daya Saing Nasional

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bandung

BANDUNG, PUTARAN.id – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bandung ialah sebuah perguruan tinggi berbasis riset yang memiliki daya saing nasional.

Hal itu disampaikan oleh Dr. H. Barkah Rosadi, M.MKes yang baru saja dilantik sebagai Ketua STIA Bandung Periode 2021–2025.

Dr. H. Barkah Rosadi, M.MKes Ketua STIA Bandung Periode 2021–2025

Kepada PUTARAN.id Dr. Barkah Rosadi menyebutkan bahwa dalam rangka pengembangan dan penerapan ilmu administrasi, pihaknya akan memacu para dosen agar melakukan banyak penelitian. Kemudian membuat jurnal yang nantinya akan diterbitkan ke dalam jurnal internasional.

“Hal itu sesuai dengan visi dan misi kampus, menjadi perguruan tinggi berbasis riset yang memiliki daya saing nasional.” kata Dr. Barkah, Senin (1/2/2021).

Di bawah kepemimpinannya, Dr. Barkah akan berusaha membawa STIA Bandung ke arah yang lebih baik lagi dan berkembang dari mulai kelembagaan sampai infrastruktur.

“Kami menginginkan pelayanan yang optimal kepada mahasiswa, calon mahasiswa, ataupun masyarakat, sehingga memiliki daya jual yang baik,” tutur Dr. Barkah.

STIA Bandung sendiri memiliki dua kampus di Bandung. Yaitu kampus 1 berlokasi di Jl. Muararajeun Lama No 51 dan Kampus 2 berlokasi di Jl. Cipagalo Girang No 24 Margasari Bandung.

STIA Bandung saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Universitas, sedangkan dalam rancangan tahap perizinan akan menambahkan lima Fakultas dan 12 Program Studi, antara lain:

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik: Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan dan  Ilmu Politik
  2. Fakultas Ilmu Administrasi: Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Administrasi Pendidikan, Magister Administrasi Publik dan Magister Administrasi Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Komunikasi: Broadcasting & Multimedia dan Hubungan Masyarakat
  4. Fakultas Ilmu Ekonomi: Akuntansi dan Digital Marketing
  5. Fakultas Teknik: Teknik Industri dan Teknik Informatika

Adapun Fasilitas Pendidikan meliputi gedung ruang kuliah, lab, komputer, perpustakaan, sistem informasi, dan akses internet gratis.

STIA Bandung memiliki Mata Kuliah unggulan dari 2 prodi yang ada saat ini, yaitu:

  1. Program Studi Ilmu Administrasi Publik Program Sarjana:
    1. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Sektor Publik (Human Resource Management in Public Sector)
    2. Kebijakan Publik (Public Policy)
    3. Analisis Kebijakan (Policy Analysis)
    4. Governasi Digital (Digital Governance)
  2. Program Studi Ilmu Adminitrasi Bisnis Program Sarjana :
    1. Keuangan Bisnis
    2. Kreativitas dan Inovasi
    3. Kewirausahaan
    4. Hukum Bisnis