Terus Antisipasi Penyebaran Covid-19, Polres Sumedang Launching GeNose C19

0
Launching GeNose C19 Polres Sumedang bersama para stakeholder di Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, PUTARAN.id – Untuk terus mengantisipasi penyebaran Covid-19, Polres Sumedang melakukan launching GeNose C19.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menjelaskan bahwa launching GeNose C19 ini bertujuan untuk mengurangi laju penyebaran Covid-19 dengan kegiatan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment.

“GeNose C19 ini sebuah peralatan yang sangat bermanfaat dalam melakukan testing dan tracing untuk menanggulangi kasus Covid-19 di Sumedang,” kata AKBP Eko kepada PUTARAN.id, Kamis (8/4/2021).

BACA JUGA: Jelang Bulan Suci Ramadhan, Polres Sumedang akan Gelar Operasi Pekat Lodaya

“Saat ini GeNose C19 baru ada di 12 kota besar di Indonesia, itupun hanya berada di bandara dan stasiun kereta api di bawah operator kementrian perhubungan,” jelasnya.

Lanjut AKBP Eko, bahwa GeNose C19 milik Polres Sumedang ini dapat dikatakan sebagai yang pertama yang diselenggarakan secara mandiri.

“Di Jawa barat sendiri baru ada 1 lokasi yang menggunakan GeNose C19, yakni di Bandara Husen Sastranegara,” imbuh AKBP Eko.

BACA JUGA: Upaya Tekan Peredaran Narkoba, BNN Sumedang Launching Program Desa Bersinar

AKBP Eko juga menerangkan bahwa GeNose C19 ini lebih cepat delapan kali lipat lebih cepat. Dimana jumlah peserta Rapid test antigen hanya mencapai 683 orang perhari, sedangkan GeNose C19 mencapai 4.653 orang perhari.

“Cara kerja GeNose C19 ringkas dan cepat dalam mendektesi Covid-19 dengan tingkat akurasi 90 sampai dengan 95 persen,” sebutnya.

“GeNose C19 bekerja dengan mengenali pola senyawa metabolit, yang terbentuk dari orang yang sudah terinfeksi Covid-19 hanya melalui sampel napas,” tandas AKBP Eko.

BACA JUGA: Lepas Sambut Kepala Kejaksaan Negeri Sumedang Harapkan Adanya Sinergitas

Sementara GeNose C19 ini nantinya akan dipergunakan di tempat-tempat penyekatan seperti di Kecamatan Jatinangor, Tomo dan Terminal Sumedang. (ndi/ryn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini