BPD dan Tokoh Masyarakat Pasir Muncang Gruduk Kantor Camat Cikaum, Ada Apa?

0
BPD dan tokoh masyarakat Pasir Muncang saat mendatangi kantor Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang (foto: Asep Ocay/PUTARAN.id)

SUBANG, PUTARAN.id – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh masyarakat Pasir Muncang mendatangi kantor Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, Kamis (29/4/2021).

Hal itu untuk mempertanyakan kepada Camat Cikaum atas usulan dari masyarakat Desa Pasir Muncang terkait pelaksanaan pengangkatan Penjabat Sementara (PJS) Kepala Desa Pasir Muncang yang akan habis masa jabatannya pada pertengahan Mei 2021.

BACA JUGA: Mirip Kubangan Lumpur, Jalan di Cikaum Subang Minta Segera Diperbaiki

“Kedatangan kami kesini (Kantor Camat Cikaum) untuk mengklarifikasi langsung ke Pak Camat bahwa telah adanya usulan dari masyarakat ditolak terkait masa bakti PJS Desa Pasir Muncang yang akan berakhir sebentar lagi,” kata Ketua BPD Desa Pasir Muncang Yunendar kepada PUTARAN.id.

“Menurut aturan, kan, satu bulan sebelum berakhir harus masuk rekomendasi. Dan kami dari BPD dan tokoh masyarakat telah memberikan rekomendasi nama baru kepada Camat untuk jadi PJS Desa Pasir Muncang di masa mendatang,” lanjutnya.

BACA JUGA: Proyek Perbaikan Jalan di Cikaum Dianggap Asal-asalan

Yunendar menyebutkan bahwa setelah dua minggu rekomendasi tersebut dilayangkan, pihak Camat Cikaum tetap akan mempertahankan PJS Desa terdahulu untuk kembali ditambah masa jabatannya.

“Beberapa minggu yang lalu, saat kami tanyakan ke Pak Camat, hasilnya tetap tidak berubah, Camat tetap mempertahankan Anto (PJS Desa Pasir Muncang saat ini) untuk jadi PJS di masa selanjutnya karena dengan alasan-alasan tertentu,” imbuh Yunendar.

BACA JUGA: PAC GP Ansor Cikaum Lanjutkan Kaderisasi

“Hasil pertemuan itu, kami sampaikan ke masyarakat, karena mungkin hasilnya kurang puas, akhirnya dalam kesempatan ini kita mendatangi lagi langsung ke Pak Camat dengan beberapa tokoh masyarakat Pasir Muncang, menanyakan lagi alasan apa yang mendasar terkait keputusan Pak Camat untuk kembali mempertahankan Anto sebagai PJS,” timpalnya.

Mempertahankan kembali Anto sebagai PJS Desa Pasir Muncang mendapatkan penolakan juga dari para tokoh masyarakat di Pasir Muncang. Hal yang mendasar dari penolakan ini ialah karena kinerja dari Anto dianggap tidak becus.

BACA JUGA: Lagi, Akibat Tungku Dapur Satu Rumah di Cikaum Ludes Terbakar

Apalagi, Anto sudah diangkat menjadi PJS Desa Pasir Muncang selama empat periode jabatan. Yang mana setiap periode nya mempunyai jabatan waktu selama enam bulan.

“Sudah sekitar dua tahun ia (Anto) menjabat PJS Desa Pasir Muncang, tapi kerjanya tidak memuaskan kami para warga,” kata Ebo Hartono tokoh masyarakat Desa Pasir Muncang memberikan keterangan kepada PUTARAN.id.

BACA JUGA: Ribuan Warga di Subang Kembali Dapatkan Bantuan Sosial Tunai

“Intinya kami tokoh masyarakat Pasir Muncang menolak pengangkatan kembali Anto sebagai PJS yang ke lima kalinya. Anto juga pernah dilaporkan oleh masyarakat ke Kejaksaan Negeri karena dianggap ada temuan yang dianggap tidak beres,” lanjutnya.

Ketika di Konfirmasi PUTARAN.id, Camat Cikaum Asep Sopandi memberikan penjelasan terkait kedatangan BPD dan para tokoh masyarakat Pasir Muncang. Untuk sementara, dirinya akan menampung aspirasi dari BPD dan para tokoh masyarakat Pasir Muncang tersebut.

BACA JUGA: Ingin Pertahankan Daerah Tersehat, Pemda Subang kembali Resmikan PAMSIMAS

“Pengangkatan PJS ini, kan, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa yang habis masa jabatannya. Untuk mengisi kekosongan itu, Bupati akan menunjuk PJS yang telah diusulkan oleh Camat. Adapun siapa-siapa yang mengusulkan, baik itu BPD maupun elemen masyarakat, itu hak mereka, nantinya akan saya tampung dan diseleksi,” jelas Asep.

“Karena pengangkatan PJS ini merupakan hak prerogatif Camat. Akan tetapi, kita juga tidak asal tunjuk,” timpal Asep.

BACA JUGA: Warga Sekitar Menyayangkan Pengusaha Ayam di Pagaden Barat Tidak Patuh Hukum

Asep mengklarifikasi bahwa pengangkatan Anto sebagai PJS Desa Pasir Muncang sebelumnya dilakukan oleh Camat sebelum Asep.

“Pengangkatan PJS Anto dilakukan oleh Pak Imam, Camat Cikaum sebelum saya,” imbuh Asep.

BACA JUGA: Perusahaan Kandang Ayam di Pagaden Barat Dianggap Belum Miliki Izin

Dalam hal ini, Asep mengklaim bahwa diangkatnya Anto menjadi PJS Desa Pasir Muncang membawa perkembangan yang baik.

“Pak Anto saat jadi PJS ada perkembangannya. Ya, saya pun, kembali merekomendasikan nama Pak Anto jadi PJS Pasir Muncang selanjutnya. Selama dia sanggup dan siap, apa salahnya kita angkat kembali,” tandas Asep.

BACA JUGA: Pasar Baru Ciater, Proyeksi Pasar Wisata di Subang

“Karena gini, nih, yang sudah-sudah kan, ketika setiap enam bulan ganti PJS, hasilnya selalu acak-acakan tidak nyingkron programnya, karena masing-masing PJS selalu beda kebijakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kita berinisiatif untuk tetap melanjutkan Pak Anto sebagai PJS Desa Pasir Muncang,” pungkasnya. (ocy)

Loading Facebook Comments ...