Kukuhkan Kepala BKKBN, Berikut Kata Kang Emil

0
Ridwan Kamil saat mengukuhkan Wahidin sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jabar, Sabtu (1/5/2021) di Gedung Pakuan, Kota Bandung (foto: Humas Jabar)

BANDUNG, PUTARAN.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengukuhkan Wahidin sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jabar. Pengukuhan dilakukan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (30/4/2021).

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menjelaskan bahwa secara kewilayahan, BKKBN Jabar berada dalam koordinasi Pemda Provinsi Jabar. Oleh karena itu, ia mendorong BKKBN Jabar agar bisa berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jabar untuk bisa menyelesaikan permasalahan kependudukan dan keluarga berencana di Jabar.

BACA JUGA: Wagub Jabar Apresiasi Program SMK Membangun Desa di Sumedang

“Mohon untuk gaspol saja, karena ini cuma seremoni, langsung ngabret saja apa yang tadi saya titipkan,” Sebut Kang Emil.

Kang Emil mengatakan pada saat ini angka kelahiran di Jabar masih tinggi, yaitu 2,5 persen. Sementara jumlah penduduk Jabar juga tertinggi di Indonesia yang berpotensi over populasi.

BACA JUGA: Kerjasama Dengan Humas Pemprov Jabar, KNPI Subang Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Pantura

“Penduduk Jabar persentase kelahirannya masih tinggi sekitar 2,5 persen, dan dalam teori perencanaan pembangunan sumber masalah itu adalah over populasi,” ucap Kang Emil.

“Pada saat mereka dewasa akan berebut sumber daya karena hakekatnya pembangunan itu tidak bisa dihentikan, yang bisa itu dikendalikan,” lanjutnya.

BACA JUGA: Pemprov Jabar: BPK Sangat Penting Untuk Controlling

Kang Emil menghimbau agar proporsi jumlah penduduk dengan keterbatasan sumber daya harus menjadi perhatian BKKBN Jabar.

“Jumlah manusia dengan keterbatasan sumber daya yang ada di Jabar harus memadai, maka tugas BKKBN menjadi sangat penting,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

BACA JUGA: Kang Emil Ajak 5000 Pemuda Jabar Untuk Ikut Bela Negara dengan Jadi Petani 4.0

Kang Emil optimistis, jika BKKBN Jabar di bawah kepemimpinan Wahidin bisa menguatkan konsep pengendalian kependudukan. Termasuk bisa meningkatkan kualitas keluarga untuk menekan angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Jabar.

“Kami tak ingin terdengar lagi ada KDRT, termasuk kepada anak yang saat ini masih mengemuka,” tuturnya.

BACA JUGA: Disetujui Emil, Ini Tiga Calon Kabupaten Baru di Jabar

Selain itu, Kang Emil juga meminta BKKBN Jabar untuk membuat kampanye keluarga harmonis melalui media sosial secara intensif supaya menjadi contoh bagi masyarakat.

“Diviralkan lewat medsos siapapun keluarga yang harmonis dan anaknya dua, karena masyarakat kita itu sering mengikuti apa yang dilihat khususnya di medsos,” tandasnya. (ryn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini