Sambut Harlah, PMII Subang Kedepankan Kemanusiaan

0
Perayaan harlah PMII Kabupaten Subang ke-21 tahun (foto: Ryan Sevian/PUTARAN.id)

SUBANG, PUTARAN.idPergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan organisasi kemahasiswaan yang berpegang teguh pada nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan. PMII dilahirkan oleh buah pikiran dari mahasiswa-mahasiswa Nahdhlatul Ulama.

Sejak berdirinya, PMII merupakan ujung tombak dakwah Islam Ahli Sunnah Waljamaah (Aswaja) di lingkungan kampus. Sampai hari ini, PMII sudah tersebar hampir ke seluruh penjuru Nusantara.

BACA JUGA: PMII Jabar: Denda Bagi Masyarakat Tidak Mau Divaksin Bukan Solusi

Setiap tahun pada tanggal 17 April diperingati sebagai hari lahir PMII. Sementara itu hari lahir PMII Kabupaten Subang ditetapkan setiap tanggal 1 Mei.

Melalui momentum harlah PMII yang ke-61 tahun sekaligus harlah PMII Kabupaten Subang ke-21 tahun, Pengurus Cabang (PC) PMII Kabupaten Subang menyelenggarakan serangkaian acara untuk memeriahkan dan merefleksikannya selama dua hari.

BACA JUGA: RS Karisma Gandeng PMII Subang Gelar Baksos

Rangkaian acara peringatan harlah diawali pada Sabtu (1/5/2021) hingga Minggu (2/5/2021) kemarin, dengan kegiatan berbagi takjil kepada masyarakat pengguna jalan di depan Gedung Pasca Sarjana STIE Miftahul Huda Subang. Hal ini dilakukan sebagai penerapan konsepsi hablum minannas yang terkandung dalam nilai dasar pergerakan PMII.

Kemudian PC PMII Kabupaten Subang juga menyelenggarakan Webinar bersama Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri dan Fachrurizal ketua PKC PMII Jawa Barat, yang bertajuk ‘Memahami Ideologi PMII dan Konteks Permasalahan Indonesia’.

BACA JUGA: Untuk Kebaikan Bangsa, PMII Jabar Gelar Doa Bersama

Selain itu, rangkaian terakhir harlah PC PMII Kabupaten Subang mengadakan silaturrahim bersama IKA PMII Kabupaten Subang yang dibungkus dengan buka bersama dan doa bersama untuk korban KRI Nanggala 402.

Seusai rangkaian doa bersama selesai, kegiatan dilanjut dengan santunan anak yatim dan piatu, tausiyah kebangsaan bersama KH Kholil dan ditutup dengan PMII Subang Bersholawat bersama Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa Subang yang dipimpin Kang Haji Asep Fahrurozi.

BACA JUGA: Emil Surati Presiden Terkait Aspirasi Buruh, PMII Jabar: Belum Wakili Aspirasi Seluruh Elemen

“Melalui momentum harlah, sebagai warga pergerakan sudah seharusnya merasakan kegembiraan dalam menyambutnya dan menjadikannya sebagai wahana refleksi,” kata Sofyan Hendriyan kepada PUTARAN.id melalui pesan tertulis, Selasa (3/5/2021)

“Setiap rangkaian kegiatan yang kita selenggarakan, semuanya menyangkut kemanusiaan. Karena kita ingin momen yang istimewa ini diwarnai dengan kebermanfaatan dan menanamkan dalam setiap kader hal-hal demikian.” timpalnya.

BACA JUGA: PMII Jabar Menilai UU Cipta Kerja Ancam Masa Depan Berbagai Golongan

Sopyan Hendriyan menganggap bahwa degradasi kemanusiaan bukan hal yang asing lagi dalam kehidupan bermasyarakat. Olehnya harlah PMII ini dijadikan sebagai refleksi kemanusiaan.

“Kader PMII sepatutnya tidak hanya mengimani PMII, karena perlu kiranya kita juga bertaqwa kepada PMII. Kader PMII tidak hanya sebatas mempercayai organisasi ini, tetapi suatu keharusan untuk menaati dan mengamalkan nilai dasar pergerakan dan setiap produk hukum organisasi yang ada,” tutupnya. (ryn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini