Paling Sering Terdampak Proyek Tol Cisumdawu, Ini Kata Pemdes Cileles Sumedang

Pemdes Cileles saat melakukan survei di titik lokasi yang terdampak proyek tol Cisumdawu (foto: Aris Hidayatulloh/PUTARAN.id)
Pemdes Cileles saat melakukan survei di titik lokasi yang terdampak proyek tol Cisumdawu (foto: Aris Hidayatulloh/PUTARAN.id)

SUMEDANG, PUTARAN.id – Dalam rangka upaya penanggulangan dampak lingkungan yang bersumber dari proyek tol Cisumdawu, Pemerintah Desa (Pemdes) Cileles Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, bersama pihak-pihak terkait seperti PUPR, CRBC, dan PT Adikarya melakukan survei di titik lokasi yang terdampak, Kamis (20/5) kemarin.

Dampak lingkungan dari proyek tol Cisumdawu tersebut berupa tanah urugan yang tumpah terbawa arus hujan sehingga menutupi saluran air ke persawahan warga di Desa Cileles.

BACA JUGA: Polres Sumedang Amankan 4 Oknum Anggota Pemuda Pancasila Pengeroyok Polisi

Saat dikonfirmasi PUTARAN.id, Kepala Desa (Kades) Cileles Duduy Abdul Holik memastikan bahwa pihaknya akan terus berusaha memberikan solusi terhadap persoalan dampak lingkungan dari proyek tol Cisumdawu yang saat ini berdampak terhadap petani.

“Secara bertahap, kita sudah melakukan survei ke titik-titik yang terkena dampak,” kata Duduy kepada PUTARAN.id, Jumat (21/5/2021).

BACA JUGA: Pemda Sumedang dan UNPAD Jalin Kerjasama, Simak Penjelasannya

“Setelah itu, dari pihak-pihak terkait akan melakukan pengkajian dan analisis kontruksi untuk solusi masalah ini. Selanjutnya kita dari Pemerintah Desa Cileles akan terus mengawal permasalahan ini dengan serius,” timpalnya.

Lanjutnya, setelah proses survei tersebut, Pemdes Cileles berharap pihak-pihak terkait sesegera memberikan kepastian untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena dalam proses pembangunan tol Cisumdawu, Duduy menyebutkan bahwa Desa Cileles itu yang banyak terkena dampak lingkungan.

BACA JUGA: Bupati Sumedang: Berikan Sanksi Tegas Terhadap Pelanggar Prokes

“Yang jelas, kita akan meminta yang terbaik kepada pihak-pihak terkait agar permasalahan dampak lingkungan dari proyek tol Cisumdawu tersebut dapat diatasi secepatnya,” jelas Duduy.

“Karena dalam proses pembangunan tol Cisumdawu, yang banyak terkena dampak lingkungan adalah Desa Cileles,” tandasnya. (aris/ryn)