Pemdes Mekarsari Realisasikan Program Pendaftaran Sistematis Lengkap

0
Pemdes Mekarsari Realisasikan Program Pendaftaran Sistematis Lengkap (foto: Asep Ocay/PUTARAN.id)
Pemdes Mekarsari Realisasikan Program Pendaftaran Sistematis Lengkap (foto: Asep Ocay/PUTARAN.id)

SUBANG, PUTARAN.id – Program Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program pemerintah untuk menjamin kepastian hukum hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. PTSL yang lebih populer dengan sebutan sertifikat tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah terhadap masyarakat yang obyek tanahnya belum terdaftar di pemerintah.

Desa Mekarsari Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang merupakan salah satu desa yang mendapatkan program PTSL. Dalam hal ini, Pemdes Mekarsari mendapatkan jatah 1500 bidang, dan yang telah direalisasikan sebanyak 190 bidang.

BACA JUGA: Ribuan Warga di Subang Kembali Dapatkan Bantuan Sosial Tunai

Kepala Desa Mekarsari, Ade Asmawinata kepada PUTARAN.id menyebutkan bahwa pihaknya bersyukur di tahun 2021 ini Desa Mekarsari mendapatkan program PTSL dari pemerintah pusat melalui BPN Kabupaten Subang.

“Program PTSL ini sangat membantu sekali terhadap warga yang tanahnya belum bersertifikat,” sebut Ade saat ditemui di Kantor Desa Mekarsari, Jumat (21/5/2021).

BACA JUGA: Mirip Kubangan Lumpur, Jalan di Cikaum Subang Minta Segera Diperbaiki

“Selain itu, nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdayaguna, dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya,” timpalnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nata ketua panitia PTSL Mekarsari. Menurutnya, untuk Desa Mekarsari sendiri sebetulnya mendapatkan jatah sebanyak 1889 bidang. Karena mengingat waktu, maka baru dilaksanakan sebanyak 1500 bidang dan baru terealisasi 190 bidang.

BACA JUGA: Lagi, Akibat Tungku Dapur Satu Rumah di Cikaum Ludes Terbakar

“Karena ini program dari pemerintah, segalanya mengikuti prosedur yang telah disosialisasikan sebelumnya kepada masyarakat oleh pihak BPN,” terang Nata.

Sementara dari pihak masyarakat sangat mengapresiasi apa yang telah diupayakan oleh Pemdes Mekarsari untuk merealisasikan program PTSL di Desa Mekarsari.

BACA JUGA: BPD dan Tokoh Masyarakat Pasir Muncang Gruduk Kantor Camat Cikaum, Ada Apa?

“Iya, kami sangat terimakasih sekali atas kepedulian Pemerintah Desa Mekarsari, kepada kami yang telah membantu pembuatan sertifikat. Kalau tidak ada program ini, mungkin sampai sekarang kami tidak akan punya sertifikat. Karena kalau kita buat sertifikat sendiri, mungkin biayanya sangat mahal sekali, sampai jutaan rupiah,” kata Iyoh salahsatu warga Desa Mekarsari yang mendapatkan program PTSL.

“Dengan program sertifikat massal ini, kami tidak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah. Cukup biaya administrasi saja, dan itu pun merupakan inisiatif dari kami yang telah di bantu,” tandasnya. (ocy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini