Mengenal Ipan Sopandi, Cakades Jayamukti Garut

0
Mengenal Ipan Sopandi
Ipan Sopandi (foto: istimewa)

GARUT, PUTARAN.id – Mengenal Ipan Sopandi sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tersebut, dirinya mendapatkan nomor urut 5 dan mempunyai jargon BERJAMAAH (Bersih, Jujur dan Amanah).

Pemuda yang akrab dipanggil Sopandi tersebut merupakan putra daerah asli dan salah satu pemuda bertalenta serta aset Desa Jayamukti. Sopandi mengenal dan memiliki banyak pengalaman di bidang kemasyarakatan serta aktif di berbagai organisasi keagamaan, salahsatunya organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU). Saat ini dirinya menjabat sebagai ketua badan otonom (banom) NU, yaitu Pimpinan Anak Cabang (PAC) Rijalaul Ansor Kecamatan Cihurip.

Selain menjabat ketua PAC Rijalul Ansor Kecamatan Cihurip, Sopandi juga aktif di Persatuan Guru NU (PERGUNU) Kabupaten Garut. Dirinya memiliki latar belakang dunia pesantren serta di topang di dunia pendidikan formal, tentunya tidak diragukan dalam mengawali karir nya sebagai Cakades Jayamukti. Dengan semangat muda yang tinggi serta memiliki visi dan misi yang sangat bagus, tentunya hal ini menjadi harapan ke depan untuk kemajuan Desa Jayamukti.

Ipan Sopandi mengatakan bahwa semula tak pernah terpikirkan olehnya untuk mencalonkan diri sebagai Cakades Jayamukti. Dirinya hanya ingin fokus mengabdi di dunia pendidikan. Namun, setelah tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bergulir, mulai ada isu yang berkembang bahwa warga ingin mendorongnya berkontestasi dalam Pilkades tersebut. Sopandi saat itu tidak terlalu memperhatikan konstelasi politik di desanya.

Hingga suatu ketika beberapa kelompok warga mengutarakan dukungan secara langsung kepada Sopandi untuk ikut mencalonkan diri menjadi Cakades Jayamukti. Namun, dorongan itu belum ia tanggapi secara serius. Dirinya hanya mengatakan akan memenuhi dorongan warga jika kedua orang tua nya memberikan restu.

Mendengar jawaban itu, akhirnya beberapa kelompok warga tersebut me-loby kedua orang tua Sopandi agar memberikan restu dan mengizinkan Sopandi mencalonkan diri sebagai Cakades Jayamukti.

Beberapa kelompok warga tersebut mendorong Ipan Sopandi sebagai Cakades Jayamukti berdasarkan dengan alasan kuat. Sopandi dinilai berpengalaman di bidang kemasyarakatan dan keagamaan.

Melihat dorongan kua dari kelompok warga tersebut, akhirnya orang tua Sopandi memberi restu untuk putra nya tersebut agar ikut mencalonkan diri menjadi Cakades.

Selain karena mendapat restu kedua orang tua nya, dalam prinsipnya Sopandi juga memenuhi dorongan warga Desa Jayamukti yang menginginkan perubahan pada ranah sosial serta perangkat desa agar tata kelola pemerintahan Desa Jayamukti menjadi lebih baik lagi. Dari beberapa dorongan tersebut, akhirnya Sopandi berubah pikiran dan dengan keyakinan penuh dirinya bersedia untuk dicalonkan.

Ipan Sopandi lalu merumuskan program kampanye politik yang dinilainya bisa langsung menyentuh masyarakat. Diantaranya seperti optimalisasi dana desa untuk pemerataan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sebagai penghubung ekonomi masyarakat desa Jayamukti. Memperkokoh nilai-nilai ajaran agama Ahlusunah Waljama’ah sebagai pondasi kehidupan masyarakat Desa Jayamukti yang berakhlakul karimah. Menggali dan memfasilitasi potensi ekonomi warga untuk kesejahteraan.

Beberapa program itulah yang ditawarkan kepada masyarakat Desa Jayamukti jika nanti dia terpilih sebagai Kepala Desa Jayamukti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini