Perbup Nomor 44 Tahun 2020, Ajang Pembuktian Kompetensi Para Camat di Subang

0
Perbup Nomor 44 Tahun 2020
Sekda Kabupaten Subang Asep Nuroni saat membuka sosialisasi Perbup Subang Nomor 44 Tahun 2020 tentang Penilaian Kinerja Camat dalam meningkatkan capaian target Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (foto: istimewa)

SUBANG, PUTARAN.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang Asep Nuroni membuka sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Subang Nomor 44 Tahun 2020 tentang Penilaian Kinerja Camat dalam meningkatkan capaian target Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Perbup ini juga sebagai upaya untuk meng-optimalisasikan tugas pokok Camat di Kabupaten Subang. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sawala Fave Hotel Subang, Jumat 28 Mei 2021.

BACA JUGA: Menyelisik Petani Rumput Laut di Ciasem Subang

Sementara kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh para Camat se-Kabupaten Subang ini merupakan tindak lanjut atas penerapan perbup yang ditetapkan pada Juni tahun 2020 silam.

“Adapun di tahun 2021 ini, diharapkan dapat menjadi momentum dan role model pelaksanaan penerapan perbup yang diharapkan akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Subang tersebut,” kata Asep Nuroni.

BACA JUGA: 3 Tahun Berturut-turut Subang Raih Opini WTP, Apa Pentingnya?

“Pentingnya ada alat ukur kinerja dalam OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red) untuk membuat etos kerja, sehingga lebih disiplin dan terukur, ini merupakan upaya dalam membantu mencapai visi-misi bupati. Kedepannya, indikator penilaian kinerja harus ditingkatkan lagi, terlebih lagi kesuksesan bupati dalam memimpin daerah tidak terlepas dari kesuksesan bantuan para Camat,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Subang, Tatang Supriyatna. Menurutnya, bahwa sosialisasi Perbup Nomor 44 Tahun 2020 tersebut adalah upaya mengukur kinerja Camat dalam meningkatkan PAD tingkat perdesaan dan perkotaan sehingga diharapkan tumbuh jiwa kompetitif untuk membuktikan kompetensi jabatan.

BACA JUGA: Pekerja Migran Asal Subang Wafat di Malaysia, Simak Penjelasannya

“Dalam konteks ini, bisa dijadikan sebagai kompetisi dan bisa disebut sebagai bagian dari fastabiqul khoirot, yakni berlomba dalam kebaikan,” ujar Tatang.

Lanjutnya, bahwa pajak bumi dan bangunan berdasarkan aturannya merupakan salah satu komponen penerimaan PAD yang mempunyai nilai strategis didalam pembiayaan pembangunan nasional maupun daerah.

BACA JUGA: Pemkab Subang Terima Laporan BPK, Simak Pemaparannya

“Untuk itu, perlu diketahui juga bahwa di Kabupaten Subang ini pemungutan PBB sektor pedesaan dan perkotaan sesuai dengan Perbup Nomor 75 Tahun 2016 sebagai bagian dari tugas pokok, fungsi, dan tata kerja kecamatan,” ujarnya. (ryn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini