Bencana Longsor Terjadi di Sumedang, Berikut Penjelasan BPBD

Longsor yang terjadi di Dusun Sukasari RT/RW 03/03 Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Kabupaten Sumedang (foto: Endi/PUTARAN.id)

SUMEDANG, PUTARAN.id – Diakibatkan curah hujan tinggi yang terjadi di Sumedang, menyebabkan terjadinya bencana longsor pada Sabtu 15 Januari 2022 di Dusun Sukasari RT/RW 03/02 Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Kabupaten Sumedang.

“Kronologis kejadian longsor disebabkan curah hujan yang begitu tinggi dari pukul satu siang hingga jam empat sore,” kata Rully Surya Supervisor Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sumedang kepada PUTARAN.id.

BACA JUGA: Polisi Amankan 5 Orang Pengedar Sabu di Sumedang

“Jadilah, tebing yang berada di desa tersebut, yang tingginya kurang lebih 150 meter dan lebar nya 80 meter, longsor,” timpalnya.

Ia menyebut, sejauh ini belum ada korban jiwa akibat bencana tersebut. Hanya sawah dengan luas dua hektar tertutup genangan tanah longsor.

BACA JUGA: Polres Sumedang Terus Optimalkan Vaksin Covid-19 Prioritas Anak-anak

“Selain sawah, longsor juga menutupi aliran sungai Cipongkor yang bermuara ke sungai Cipeles,” jelas Rully.

Untuk kerugian pihak BPBD Kabupaten Sumedang belum bisa memastikan. Hanya sawah seluas dua hektar milik warga yang menjadi laporan sementara perihal kerugian.

BACA JUGA: Apresiasi Sumedang Command Center, Ini Kata Kang Emil

“Kami menghimbau untuk warga agar menjauhi area longsoran sejauh radius satu kilometer,” imbuh Rully.

“Sementara untuk unsur yang terlibat dalam penanganan longsor ini, kami dari BPBD, Babinsa Koramil Sumedang Selatan, Babinkamtibmas, perangkat desa setempat, dan warga sekitar,” tandasnya. (Endi)